Saturday, May 25, 2013

Kesehatan Perjalanan (Pendaki Gunung Dilarang Sakit) part1

Secara umum, kesehatan perjalanan dapat diartikan sebagai hal-hal yang mencakup keadaan kesehatan pada suatu perjalanan. Sedangkan tujuan kesehatan perjalanan adalah untuk mencapai sesehat-sesehatnya selama dan sesudah melakukan perjalanan. 
Dengan melihat arti secara umum dan tujuannya, maka hal-hal yang dibicarakan menyangkut tentang persiapan perjalanan secara umum, antara lain: persiapan fisik; persiapan mental; pengetahuan praktis tentang kesehatan; perbekalan/gizi.

Sehat mental (tantangan emosional)
Faktor mental memang sulit untuk dipahami, bahkan kadang-kadang sering diabaikan. Padahal tanpa keseimbangan antara faktor fisik dan mental, maka tujuan suatu perjalanan tidak akan tercapai dengan memuaskan.
latihan fisik yang baik akan membantu mengembangkan mental, rasa percaya diri dan kepekaan. Mental yang sehat juga berasal dari dalam, dari pemahaman  siapa (dan apa) dari kita ini, dan dari pengertian dimana kita berada, sebagai suatu kesatuan yang utuh. Di alam bebas, kita harus percaya pada kemampuan kita untuk mengatasi segalanya.
Motivasi yang baik akan dapat pula meningkatkan mental. Kegiatan yang memakai tenaga fisik secara berlebihan sebaiknya dihindari. Terutama bagi seseorang yang pernah memiliki penyakit yang berhubungan dengan fungsi susunan syaraf pusat, seperti epilepsi (ayan), gangguan kejiwaan, dan cedera kepala berat.    
Di awali dengan kesadaran diri (self awareness), dalam bentuk selalu berpikir positif, memiliki motivasi yang tinggi, serta siap menerima perubahan (adaptable). Jika diwujudkan dalam bentuk aplikasi maka hal yang harus dimiliki adalah sadar dan mau menerima apa yang terjadi pada diri, selalu memberi makna dari setiap kejadian dengan menunjukkan
yang terbaik dalam proses pencapaian tujuan.
Kedua kesadaran berkelompok (group awareness), mengenal, memahami serta menerima orang lain. dalam aplikasinya adalah setiap orang yang berhubungan dengan kita dan yang ada disekitar kita memiliki kelebihan dan kekurangan. Terima mereka apa adanya.
Ketiga yang tidak kalah penting kesadaran lingkungan (environment awareness); menyadari bahwa lingkungan yang ada disekitar kita sangat mempengaruhi kehidupan diri. Bentuk aplikasinya adalah menjaga lingkungan disekitar kita tetap bersih, asri dan nyaman untuk kita tempati.   

No comments: