Masih dengan seputar Sekolah Tangguh Bencana, yang telah disampaikan pada artikel Amankah Sekolah Anda? Sekolah Tangguh Bencana sebelumnya bagian pengantar. Kali ini akan dilajutkan dengan langkah pertama menyiapkan sekolah tangguh bencana, yaitu dengan bahasasan Kenali dan Identifikasi Ancaman Bencana.
Adapun langkah pertama yang harus dilakukan untuk menuju sekolah tangguh bencana adalah mengenali dan mengidentifikasi lingkungan sekolah.Identifikasi itu berupa :
1) Identifikasi lokasi sekolah,
2) Identifikasi bencana atau ancaman bencana yang pernah terjadi,
3) Identifikasi potensi bencana atau ancaman bencana yang ada di sekitar sekolah,
4) Identifikasi ancaman dan potensi bahaya di bangunan sekolah,
5) Identifikasi sumber daya peningkatan sekolah aman,
6) Identifikasi.
Sedangkan langkah melakukan identifikasi bisa dilakukan dengan cara :
1) Membuat peta sekolah dan lingkungan sekolah, yang berisi :
a) Potensi-potensi bahaya, ancaman bencana dan juga riwayat kejadian bencana yang pernah terjadi, b) Lokasi-lokasi penempatan peralatan darurat,
c) Buatlah peta sekolah per lantai.
2) Membuat daftar pertanyaan (checklist) atau wawancara sederhana,
Buatlah daftar pertanyaan atau bisa pula panduan wawancara sederhana untuk memperoleh informasi potensi bahaya, ancaman bencana maupun riwayat kejadian bencana.
Daftar pertanyaan atau daftar wawancara yang baik memiliki syarat:
a) Menggunakan kalimat yang jelas dan singkat;
b) Jangan memasukan opini pewawancara dari bagian pertanyaan, bersikap objektif dan netral;
c) Hindari pertanyaan yang terlalu rumit dan panjang;
d) Hindari pertanyaan bernada ancaman;
e) Perhatikan tata krama percakapan dengan segelintir orang.
Tipe pertanyaan yang harus dihindari:
Pertanyaan dengan memuatan tertentu, sehingga dapat mengiringi opini pribadi yang diwawancara; pertanyaan yang mengarahkanatau memaksakan kehendak; pertanyaan berprasangka
No comments:
Post a Comment